Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Daftar ISP di Indonesia

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih layanan internet yang lebih dikenal dengan ISP untuk artikel seri 1 saya sajikan 5 hal dahulu, nanti di seri 2 akan saya susulkan versi lengkapnya.

Kebutuhan dan Jenis Koneksi
Seringkali setiap orang berkeinginan mencari layanan internet dengan layanan yang super cepat dan sangat mahal, padahal kebutuhan secara primer hanya chating misalnya, ini tidak efisien, karena saat ini untuk layanan chat banyak  yang lancar dengan harga layanan yang biaya menengah, toh Chat tidak memerlukan Bandwidth yang sangat besar. Sesuaiakan kebutuhan anda dengan jenis koneksi seperti terlampir dibawah ini. Secara extreme, untuk Chat dengan Yahoo messenger, Provider seluler banyak yang menawarkan paket unlimited, missal indosat M3, kartu As, Seluler three/3. Untuk sekedar browsing dll, paket GPRS/EDGE pun cukup, namun bagi yang suka Trading Forex agar eksekusi nya tepat, atau Timing nya pas mungkin HSDPA/UMTS sangan cocok, semua ini untuk berbasis mobile, untuk layanan statis bisa menggunakan Speedy ADSL atau VSAT.

Legalitas Penyedia ISP
Pastikan penyedia layanan ISP adalah perusahaan terdaftar, baik itu CV maupun PT. karena dengan terdaftar di negara maka azas penjaminan dalam kebangkrutan atau wan prestasi atau penyalah gunaan akan mudah di tuntut secara hukum, contoh dalam CV dan PT unsur permodalan begitu jelas, alamat dan nama pemilik begitu jelas. Sehingga kredibilitas legalitas sangat jelas.  Selain itu dengan lengkapnya perizinan mengurangi resiko pemblokiran akses karena sweeping, splater frekuensi yg mengganggu dan pembongkaran BTS2 liar. Juga dengan izin jelas maka mereka membayar pajak negara.

Jaminan atas kualitas layanan
Sebelum memilih ISP atau sebelum tanda tangan kontrak, tanyakan CIR nya, karena ISP biasanya memberikan jaminan yang disebut CIR (Customers Interconnect Rate) yaitu jaminan dari ISP untuk lebar jalur yang digunakan oleh pelanggan ke internet. Biasanya ISP akan memberikan jaminan CIR 1:1 untuk pelanggan yang menyewa bandwidth Dedicated Connections sehingga bandwidth yang kita sewa tetap. Koneksi dedicated berbeda dengan koneksi broadband, koneksi broadband atau shared conections biasanya besarnya 384 kbps yang akan dibagi untuk antara 20-30 pelanggan.

Jaminan dukungan Teknis
Silahkan anda coba untuk mencoba-coba bertanya dengan tim CS nya 24 jam semampu anda termasuk hari minggu, kaena dukungan dan jaminan ini penting. Untuk yang menggunakan ISP local, tentu jaminan pemasangan dari awal sampai uji coba merupakan syarat utama, karena segala resiko teknis merupakan jaminan dari ISP. Kualitas CS dengan jawaban yang subtansial juga harus diperhatikan, jangan sampai demi menghemat ISP menggaji lulusan SMA/SMP untuk CS untuk shift malam/siang.

Pengalaman dan jaringan nasionalnya
Suatu saat ketika anda menggunakan ISP local suatu sore diberi tahu bahwa layanan internet rusak Karena fasilitas rusak tersambar petir, mereka menunggu tim teknis danri luar kota sekitar 3 hari baru akan datang. Bayangkan bagaimana rasanya menunggu, sehingga pengalaman tik teknis local yang dapat dihandalkan merupakan satu poit dari penilaian anda. Selain itu ISP lokal yang berbasis jaringan nasional biasanya mampu mengahadirkan layanan backup dengan koneski secondary walau dengan kualitas yang sedikit lebih rendah, bahkan mampu mengkolaborasi dengan ISP lain yang saling mendukung.

Review dari forum dan pemakai langsung.
Cobalah anda ketikkan di Google “+pengalaman +isp +xxxx”, huruf xxx adalah nama ISP yang anda cari, lihat komentar yang ada di sana. Kalo tidak ketikkan “+komentar +pemakai +ISP +xxxx”. Semua bersifat autentik dan obyektif, selain bahasa promosi subyektif dari ISP
Untuk informasi lihat klik Daftar ISP Indonesia dan Panduan Memilih ISP Indonesia
Demikian untuk artikel seri 1, akan saya lengkap pada artikel ke 2.
Terimakasih, sukses selalu

Post a Comment

0 Comments